Rukun Islam Dan Penjelasannya

Rukun Islam Dan Penjelasannya
Rukun Islam adalah kewajiban pokok paling mendasar yang harus dilaksanakan oleh seorang muslim dan tidak boleh ditinggalkan. Rukun Islam ini meliputi 5 perkara yaitu :
  • Mengucap dua kalimat syahadat dan menerima bahwa Allah  SWT itu esa dan Nabi Muhammad SAW itu rasul Allah.
  •  Menunaikan salat lima kali sehari.
  •  Mengeluarkan zakat.
  •  Berpuasa pada bulan Ramadan.
  •  Menunaikan Haji bagi mereka yang mampu.
http://abd-holikulanwarislamic.blogspot.co.id/2014/09/rukun-islam-dan-penjelasannya.html

Berikut ini Penjelasan mengenai rukun Islam :

Syahadat
Rukun pertama : Bersaksi tidak ada ilah yang berhak disembah secara hak melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan Allah.

Syahadat merupakan pintu masuk menuju Islam; syarat sahnya iman adalah bersaksi dengan dua kalimat syahadah.Syahadat (persaksian) ini memiliki makna mengucapkan dengan lisan, membenarkan dengan hati lalu mengamalkannya melalui perbuatan. Adapun orang yang mengucapkannya secara lisan namun tidak mengetahui maknanya dan tidak mengamalkannya maka tidak ada manfaat sama sekali dengan syahadatnya

Shalat
Shalat lima waktu sehari semalam merupakan perintah Allah Swt yang disyariatkan untuk menjadi sarana interaksi antara Allah dengan seorang muslim dimana ia bermunajat dan berdoa kepada-Nya. Juga untuk menjadi sarana pencegah bagi seorang muslim dari perbuatan keji dan mungkar sehingga ia memperoleh kedamaian jiwa dan badan yang dapat membahagiakannya di dunia dan akhirat.

Allah mensyariatkan dalam Shalat, suci badan, pakaian, dan tempat yang digunakan untuk Shalat. Maka seorang muslim membersihkan diri dengan air suci dari semua barang najis seperti air kecil dan besar dalam rangka menyucikan badannya dari najis lahir dan hatinya dari najis batin.
Penjelasan selengkapnya baca pada artikel pembahasan tentang shalat

Puasa Ramadhan

Rukun yang selanjutnya yaitu puasa pada bulan Ramadan yaitu bulan kesembilan dari bulan hijriyah.Seorang muslim berniat puasa sebelum waktu shubuh (fajar) terang. Kemudian menahan dari makan, minum dan jima’ (mendatangi istri) dan segala hawa nafsu hingga terbenamnya matahari selama sebulan penuh di bulan Ramadhan.
Penjelasan selengkapnya baca pada artikel pembahasan tentang Puasa

Zakat
Rukun islam yang selanjutnya adalah mengeluarkan zakat.Allah telah memerintahkan setiap muslim yang memilki harta mencapai nisab untuk mengeluarkan zakat hartanya setiap tahun. Ia berikan kepada yang berhak menerimanya yaitu 8 asnaf atau golongan sebagaimana yang diterangkan dalam Al Qur’an
Penjelasan selengkapnya baca pada artikel pembahasan tentang Zakat

Haji
Rukun Islam kelima adalah menunaikan ibadah  haji ke baitullah Mekkah sekali seumur hidup bagi yang mampu. Adapun lebihnya maka merupakan sunnah.Kewajiban sekali seumur hidup dan bagi yang mampu ini merupakan kasih sayang Allah kepada umatnya yang tidak memiliki kemampun untuk berhaji.Namun sekurang kurangnya bagi yang tidak mampu pun harus memiliki niat dan keinginan untuk melaksanakannya.
Penjelasan selengkapnya baca pada artikel pembahasan tentang Haji

Nah itulah sekelumit penjelasan tentang rukun islam,Semoga bermanfaat!!!!