Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri yang Benar dan Lengkap

Islamic - Tidak terasa kita telah sampai di akhir bulan Ramadhan tahun ini.Dan tinggal beberapa hari lagi Hari raya idul Firtri yang sangat dinantikan oleh setiap muslim akan segera tiba.Pada malam menjelang Hari raya kita dianjurkan untuk mengumandangkan takbir atau yang lebih dikenal dengan takbiran. Biasanya Dilakukan setelah shalat maghrib pada malam hari raya sampai menjelang Shalat Ied.Kecuali pada idul adha ditambah setelah setiap selesai shalat pardhu pada hari tasyrik.
http://abd-holikulanwarislamic.blogspot.com/2016/07/bacaan-takbir-hari-raya-idul-fitri.html

Adapun Hukum Membaca Takbir Hari Raya adalah Sunah dan Fadhilah Takbir Hari Raya ialah dapat melebur atau menghapus dosa – dosa anda, Keutamaan Bacaan Takbir Hari Raya tersebut seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi,
اكثروا من التكبير ليلة العيدين فانهم يهدم الذنوب هدما

"Perbanyaklah membaca Takbir pada malam Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha) karena hal itu dapat melebur dosa – dosa ".

Untuk itu pada kesempatan ini Admin ingin berbagi mengenai bacaan takbir yang biasa kita kumandangkan pada malam takbiran. Karena takbiran hanya dilaksanakan dua kali dalam setahun yaitu pada Hari Raya Idul Fitri dan pada Hari Raya Idul Adha mungkin banyak diantara sobat yang lupa akan bacaannya.Semoga dengan adanya postingan ini bisa menjadi pengingat. Langsung saja kita simak bacaan takbirnya.

Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri yang Benar dan Lengkap

Bacaan Takbir yang Pendek

اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ، لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ وَِللهِ الحَمْدُ

ALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR, LAA ILAAHA ILLAALLAAHU WALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR WALILLAAHIL HAMD

Artinya :
" Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar, Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar Allah maha besar dan segala puji bagi Allah. "


Bacaan Takbir Yang Panjang

اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، لآَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ
اَللهُ اَكْبَرُ وَ ِللهِ الْحَمْدُ
اَللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرًا، وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَّاَصِيْلاً. لآَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَلاَنَعْبُدُ اِلاَّ اِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ، وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ، لآَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ، صَدَقَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَاَعَزَّجُنْدَهُ وَهَزَمَ اْلاَحْزَابَ وَحْدَهُ، لآَاِلهَ اَلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ وَ ِللهِ الْحَمْدُ

Artinya :
"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tiada Tuhan kecuali Alah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan bagi-Nya segala pua dan puji.
Allah Maha Besar dan pujian bagi Allah sebanyak-banyaknya, bertasbih kepada Allah setiap pagi dan petang. Tidak ada Tuhan kecuali Allah, dan kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya dengan ikhlas menjalankan agama walaupun orang-orang karif membenci. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata. Benar janji-Nya, dan menolong hamba-Nya, juga lasykar-Nya dan menghancurkan musuhNya dengan dirinya semata. Tidak ada Tuhan kecuali Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan bagi Allah semata segala puja dan puji."

Demikian penjelasan dari Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri yang Benar dan Lengkap,dan semoga bermanfaat. "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H,Taqabbalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa Shiyamakum. Ja’alanallaahu Minal 'Aidin wal Faizin. Mohon maaf lahir dan bathin".