Adab/Etika dan Doa Menjenguk Orang Sakit

Adab/Etika dan Doa Menjenguk Orang Sakit - Menengok atau menjenguk orang sakit  (iyadah al maridh/ziyarotul maridh) adalah salah satu amal yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Mengunjungi atau menengok orang sakit baik itu tetangga, keluarga dan sanak saudara, atau rekan kerja hukumnya sunnah (dianjurkan oleh Islam).Ketika ada saudara kita yang sakit, kita  dianjurkan untuk menghiburnya, meringankan bebannya, dan mendoakan kesembuhan baginya. Karena hal itu memiliki dampak yangbaik bagi diri orang yang sakit.

http://abd-holikulanwarislamic.blogspot.co.id/2014/09/adab-etika-dan-doa-menjenguk-orang-sakit.html
Maka di antara yang bisa disampaikan oleh orang yang menjenguk adalah mendoakannya.Di sisi lain, ada banyak pelajaran dan hikmah saat kita berkunjung ke orang yang sedang sakit. Seperti ajang introspeksi diri untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan silaturrahmi.

Etika/adab Menjenguk Orang Yang Sakit
Bekunjung atau menjenguk orang sakit berbeda dengan kita berkunjung untuk sekedar main atau silaturahmi,maka alangkah baiknya memperhatikan adab atau etika berikut ini.

1. Hendaknya melakukan etika standar saat berkunjung ke rumah orang seperti mengetuk pintu/memencet bel dan mengucapkan salam dengan suara yang tidak terlalu keras.

2. Kunjungan dilakukan di waktu yang pantas. Apabila sedang dirawat di rumah sakit, maka harus sesuai dengan jam besuk yang diperbolehkan. Kalau di bulan Ramadan, hindari datang pada siang hari.

3. Mendekat pada orang yang sakit dan duduk di dekat kepalanya dan meletakkan tangan pada dahinya serta menanyakan keadaan dan apa yang diinginkannya.

4. Waktu berkunjung jangan terlalu lama agar tidak mengganggu si sakit atau keluarganya.

5. Jangan terlalu banyak bertanya pada si sakit karena hal itu akan membebani si sakit.

6. Mendoakan si sakit agar cepat sembuh. Salah satu doa yang dianjurkan adalah membaca:

Doa menengok orang sakit

الّلهُمَّ أَذْهِبِ البَأْسَ إِشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَاءَ إِلاّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

 ALLAHUMMA  ADZHIBILBA' SA ISYFI ANTASYSYAFI LA SYIFA-A ILLA SYIFAUKA SYIFA' AN LA YUGHODIRU SAQOMA .
Terjemahan Doa Menjenguk Orang Sakit

Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi." ( HR. Bukhori Muslim)

doa menjenguk orang sakit lainya

أسأل الله العظيم، رب العرش العظيم؛ أن يشفيك.
Teks latin: As'alullahal Adzim, Rabbal Arsyil Adzim ay Yashfika sebanyak 7x dan membaca Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas.

7. Peziarah tidak berbicara dengan orang lain di dekat si sakit suatu pembicaraan yang menyakiti atau mengganggu. Dan hendaknya menampakkan sikap kasih dan empati yang dapat menyenangkan perasaan si sakit.

8. Memberi harapan kesembuhan dan memotivasi kesabaran pada si sakit.

9. Meminta doa pada si sakit.karena ada keterangan yang menyebutkan donya orang sakit diiabah oleh Alloh SWT.