Atsar dan Hikmah

Atsar dan Hikmah
Ibnu Asakir meriwayatkan dari Imam Ali ra. dia berkata, ” Jadilah kalian lebih perhatian dengan terkabulnya amal daripada amal itu sendiri. Sebab satu amal tidak dianggap sedikit jika dia dibarengi dengan takwa, lalu bagaimana dengan amal yang terkabulkan ? “


Abu Nu’aim meriwayatkan bahwa Ali ra. berkata, ” Kerabat dekat adalah yang didekatkan oleh rasa cinta walaupun nasabnya jauh, sedangkan orang jauh adalah yang dijauhkan oleh permusuhan meskipun dekat nasabnya. Tidak ada satupun yang lebih dekat daripada tangan kepada jasad. Sesungguhnya jika tangan rusak, maka dia akan dipotong dan jika dia dipotong maka akan terputus “.
    Said bin Mansur meriwayatkan dalam sunannya, bahwa Ali ra. berkata,” Ambilah lima nasehat dariku : 1.Janganlah sekali kali seseorang takut kecuali atas dosa dosanya.
2. Janganlah menggantungkan harapan kecuali kepada Tuhanya.
3. Janganlah  orang yang tidak berilmu merasa malu untuk belajar.
4. Janganlah seseorang yang tidak mengerti sesuatu merasa malu untuk mengatakan “Allahu A’lam “saat dia tidak bisa menjawab satu masalah.
 5. Sesungguhnya kedudukan sabar bagi iman laksana kedudukan kepala pada jasad. Jika kesabaran hilang, maka akan lenyap pula keimanan, dan jika kepala hilang maka tidak ada artinya jasad.